peduli ummat

Thursday, May 13, 2010

Lantunan Suara Adzan Sumbang, Para Muadzin di Istanbul Ikut Olah Vokal



Lantunan suara adzan yang terdengar dari pengeras suara di beberapa masjid di Istanbul Turki pada subuh hari, seharusnya menjadi melodi indah dalam menyambut pagi hari.

Namun seruan adzan untuk shalat yang dilantunkan oleh beberapa muadzin di Istanbul dan bacaan ayat al-Qur'an oleh beberapa imam masjid, bukan malah membuat penduduk setempat bergerak untuk bangun dan melaksanakan shalat subuh, mereka malah menutup telinga mereka.

Tidak tahan mendengar suara adzan yang dikumandangkan oleh sebagian muadzin, membuat penduduk setempat menyampaikan pengaduan dan komplain mereka kepada pihak masjid agar petugas adzan harus masuk kelas khusus agar suara mereka enak untuk didengar.

Imam Mehmet Tas, salah satu murid pertama sekolah olah vokal untuk para muadzin mengatakan bahwa dirinya sudah merasakan manfaatnya.

"Saya menjadi lebih percaya diri sekarang dalam kemampuan saya untuk melakukan lima panggilan shalat dalam tempo dan suara yang benar," katanya.

Skema perbaikan lantunan dan suara para muadzin ini disusun oleh Mustafa Cagrici, kepala urusan agama kota Istanbul, yang berusaha memastikan sekitar 3.000 masjid yang ada di kota Istanbul menghasilkan panggilan adzan yang indah dan enak untuk didengar setiap pagi.

"Untuk beberapa alasan, para imam masih dipekerjakan meskipun suara vokal mereka kurang baik, mereka hanya tidak bisa menyanyi!

"Kami melakukan yang terbaik untuk membantu para imam dan muadzin untuk meningkatkan 'nyanyian' mereka."

Dia mengatakan bahwa sejak pelajaran oleh vokal dimulai, keluhan dari penduduk setempat telah turun dari ratusan orang perbulan menjadi hanya puluhan, perbaikan suara ini dilakukan oleh seorang guru menyanyi, Seyfettin Tomakin.

"Saya pribadi menemukan lantunan suara adzan yang sangat parah dan sangat mengganggu," katanya.

"Adzan ibarat seperti suara musik, musik indah yang membawa orang kepada Allah, itulah mengapa begitu penting untuk melantunkan adzan dengan suara yang baik.

"Tentu, ada beberapa orang yang merasa kesulitan daripada yang lain, itu sebabnya beberapa dari mereka datang ke sini. Dan tugas saya adalah untuk memperbaiki suara mereka sehingga memungkinkan mereka melantunkan adzan dengan bagus bahkan untuk menyanyi.."

Sayangnya, bagi sebagian orang, sebanyak apapun jumlah pengajaran tidak cukup bagi mereka.

"Ada beberapa orang yang tidak dapat meningkatkan kualitas suaranya - tidak peduli berapa banyak pelatihan yang Anda berikan kepada mereka," kata Cagrici.

"Jadi kita hubungkan masjid mereka, dengan radio, kepada sebuah masjid pusat di mana ada seorang imam yang bisa melantunkan adzan dengan suara yang baik."(fq/bbc)

Penaakulan misteri:
Perkembangan Islam di bumi Istanbul mula menampakkan benihnya yang subur..
apabila muadzin pun mengikuti kelas pelatihan vokal, maka nanti semua masjid di Istanbul akan didendangkan dengan suara lunak para muadzin.

Terus? Maka akan ramai yang tertarik dengan adzan dan akan mula pula langkah-langkah baru yang gemarkan masjid, akan ramai yang tersentuh dengan kemerduan suara adzan dan ramainya nanti tertarik dengan agama Islam, akan ada nanti tazkirah penggugah jiwa..Islam akan subur di Istanbul sikit masa lagi!

No comments:

Post a Comment